Pengaruh Pendapatan dan Daya Tarik Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Terhadap Transaksi E-Commerce Menggunakan Teori Permintaan Keynes
Abstract
E-commerce memiliki peran penting bagi produsen dan konsumennya karena kehadiran E-Commerce aktivitas berniaga dapat terlaksana secara praktis dan mudah yang dilakukan secara online dan tidak ada batasan waktu dan tempat. Mahasiswa merasa tertarik untuk melakukan transaksi online karena itu memungkinkan untuk menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembelian. Selain itu, daya tarik mahasiswa untuk bertransaksi di e-commerce juga dipengaruhi oleh kehidupan sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah pengaruh pendapatan dan daya tarik mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura terhadap transaksi e-commerce menurut teori permintaan Keynes. Data primer digunakan dalam penelitian ini, menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data beserta dengan uji validitas dan reliabilitas kuesionernya. Dengan jumlah responden 30 Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Dari hasil penelitian ditemukan pada variabel pendapatan mahasiswa dari hasil uji T tidak mempengaruhi mahasiswa untuk bertransaksi di e-commerce dengan hasil nilai sig. 0.630 > 0,05, sedangkan untuk variabel daya tarik mahasiswa, ini menjunjukkan hasil yang berbeda, yaitu bertransaksi di e-commerce dipengaruhi oleh daya tarik mahasiswa untuk bertransaksi di e-commerce dengan hasil nilai 0.000 <0,05.
References
Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Aini, N., & Mundir, A. (2020). Pengelolaan Zakat , Infaq dan Sedekah dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Pelaku UMKM di BAZNAS Kota Pasuruan. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 100.
Anwar, K., & Setiawan, H. (2018). Analisis Perbandingan Pendapatan Buruh Harian Tetap Dengan Buruh Harian Lepas dan Pengaruhnya Terhadap Kesejahteraan Keluarga Buruh Perkebunan Kelapa Sawit di Kota Subulussalam. Jurnal Ekonomi Pertanian Unimal, 01(01), 74.
Bahri, A. F., & dkk. (2022). Evaluasi Program Pendidikan (C. Wijaya & N. K. Daulay (eds.); 1st ed.). Umsu press.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). VALIDITAS DAN RELIABILITAS PENELITIAN Dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Mitra Wacana Media.
Chalisa, D. (2021). SKRIPSI PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Terhadap Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh). In UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 75.
Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi. Jurnal VARIAN, 2(1), 32.
Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 109.
Gede, P., Cipta Nugraha, S., Putu, I., Indrawan, Y., Kadek, I., & Asmarajaya, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Website (Studi Kasus Toko Komputer Di Denpasar). INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, 3(1), 54.
Hasibuan, Z. A., Sugianto, & Syarbaini, A. M. B. (2023). Perubahan Gaya Hidup Pengguna e-commerce dalam Daya Beli Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 2(1), 206.
Hasoloan, J. (2014). Ekonomi Moneter (1st ed.). Deepublish.
Helmi, S., & Lutfi, M. (2021). Analisis data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis (3rd ed., Issue January 2014). USU Press.
Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2). https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 10–11.
Khaeria, A. N., Luh Putu Tirta Murthi, N., Putra Triadji, T., & Yoan Nurotul Azizah, C. (2023). Pendapatan dan Beban. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2).
Kholis, N., & Amir Mu’allim. (2018). Transaksi Dalam Ekonomi Islam (1st ed.). Program Pascasarjana FIAI Universitas Islam Indonesia.
Maulani, P. N., Oktavia, R., Islamy, U. A., & Hidayat, F. (2023). Konsep dan Teori Uang dalam Perspektif Islam. Inisiatif : Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Manajmenen, 2(3).
Maulidiah, E. A. (2022). Analisis Pembelian Mahasiswa Pada E-Commerce (Sudi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pengguna E-Commerce di Universitas Jember). Skripsi, 3.
Meiriza, M. S., Sinaga, D. L., Tinambunan, F. U., & Saragi, S. L. (2024). Teori Ekonomi Keynesian Mengenai Inflasi dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi Modern. Journal Of Social Science Research, 4.
Monica, Y. (2021). Pengaruh Pendapatan dan Kemudahan Transaksi Non Tunai Terhadap Pengeluaran Konsumsi di E-commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah, 11.
Muhidin, & Situngkir, T. L. (2023). Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015 - 2021. Journal of Islamic Education Management, 3(1), 20–21.
Muttaqin, I., & Kusumawati, F. (2024). Faktor - Faktor yang Memepengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uji Sertifikasi Teknisi Akuntansi. Jurnal PETA, 9(1), 11. https://journal.stieken.ac.id/index.php/peta/article/view/778/745
Nurfauziah, T. (2023). Motif Memegang Uang Perspektif Teori Keynes. Apssai Accounting Review, 3(2), 217. https://doi.org/10.26418/apssai.v3i2.80
Nurlinda, R. ., & Yuliyani, A. (2021). Analisis Perbedaan Perilaku Impulse Buying Berdasarkan Gender Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02), 136. https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4170
Pangestuti, K. D., Maghfiroh, Z., & Huda, M. S. (2023). Eksistensi Jual Beli Online Sebagai Daya Tarik Masyarakat Dalam Perspektif Hadis. Journal The Ushuluddin International Student Conference, 1(2), 133.
Robinson. (2014). Dekonstruksi Makna Transaksi Dalam Akuntansi: Suatu Pendekatan Idealisme Syariah Islam. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 2(2). https://doi.org/10.21043/bisnis.v2i2.5265
Sari, R. P. (2018). Kebijakan perpajakan atas transaksi e-commerce. Akuntabel, 15(1). https://doi.org/10.29264/jakt.v15i1.2889
Sarjana, N. (2023). Definisi Data Sekunder dan Cara Memperolehnya. (DetikEdu). https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6843072/definisi-data-sekunder-dan-cara-memperolehnya
Statista. (2024). Number of users of e-commerce in Indonesia from 2020 to 2029. Statista Research Department. https://www.statista.com/forecasts/251635/e-commerce-users-in-indonesia
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian (1st ed.). CV Science Techno Direct.
Yusuf, M. (2022). Pengaruh Electronic Commerce ( E- Commerce ) Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada UMKM di Kecamatan Bekasi Utara. Jurnal Akuntansi STEI, 05(01), 21.