EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK OLAHAN PERTANIAN

  • Munawar STISIP Bina Putera Banjar
  • Ria Sofia Bachriani STISIP Bina Putera Banjar
Keywords: produk olahan pertanian, promosi, media sosial

Abstract

Nowadays agricultural products has developed into agricultural processed products. Agricultural processed products are promoted by the internet, one of them is by social media. Social media is needed to facilitate the marketing of processed agricultural products because it’s fast and direct to the consumers in a more widespread. The purpose of this literature study is to determine the effectiveness of social media in the marketing of processed agricultural products, and to identify the factors that influence the effectiveness of social media in selling processed agricultural products. Besides, to analyze the relationship between the effectiveness of social media with the characteristics of the consumers, and also to analyze the effectiveness of social media with the level of sales of processed agricultural products. The writing of this study is using the secondary data analysis of the literature such as textbooks, theses, and scientific journals that have relevance to the themes in this literature study are then studied, summarized and made the analysis synthesis, and creating a new research framework. The conclusion from this literature study is the role of social media is very effective and efficient to use as a promotion media.

References

Adriyani R dan Akhirson A. 2012. Strategi pemasaran dan pengembangan usaha madu Honey berbasis web. [Internet]. [diunduh tanggal 20 Oktober 2015]. Dapat diunduh di: http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/6234
Anggrahini D. 2014. Kegiatan Komunikasi pemasaran rown division melalui media sosial. [Internet]. [diunduh tanggal 18 November 2015]. Dapat diunduh di: http://jurnal.kommas.com/docs/JURNAL.Devi%20Anggrahini.pdf
[APJII]. 2014. Survei Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia. Dapat diakses melalui www.apjii.or.id
[BPS]. 2010. Badan Pusat Statistik. Dapat diakses melalui www.bps. go. id
Dewi S. 2007. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta (ID): Penerbit ANDI. 221 hal.
Gray C, Simanjuntak P, Sabur LK, Maspaitella, Varley. 1992. Pengantar Evaluasi Proyek. Edisi Kedua. [
Harmoni A dan Riyantoro B. 2013. Efektivitas iklan melalui jejaring sosial sebagai salah satu strategi pemasaran kripik pedas maicih. Prosiding: PESAT, 8-9 Oktober 2013, Bandung (ID).
[IPB] Institut Pertanian Bogor. 2012. Pengantar ke Ilmu – ilmu Pertanian Edisi Tahun 2010. Bogor (ID) : IPB Press. 95 hal.
Irfan M. 2014. Efektivitas penggunaan media sosial twitter sebagai media komunikasipemasaran Strike! Courier di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi. [Internet]. [diunduh tanggal 1 Oktober 2015]. Dapat diunduh di: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/05/Journal%20(final)%20(05-12-14-09-15-22).doc
[Kemhan]. 2008. Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Dapat diakses melalui www.kemhan.go.id
Kusumastuti YI. 2009. Komunikasi Bisnis. Bogor (ID): IPB Press. 198 hal.
Maharani M, Ali AHN, Astuti HM. 2012. Faktor-faktor pengaruh media sosial terhadap keunggulan bersaing: studi kasus coffee toffee indonesia. Jurnal Teknik Pomits. [Internet]. [diunduh tanggal 21 Oktober 2015]. Dapat diunduh di: http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/2049/627
Muttaqin Z. 2011. Facebook marketing dalam komunikasi pemasaran modern. Jurnal Teknologi. [Internet]. [diunduh tanggal 14 Oktober 2015]. 1(2): 103-109. Dapat diunduh di: http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/teknologi/article/view/63
Prastyo K. 2014. Pengaruh electronic word-of-mouth di media sosial twitter terhadap minat beli konsumen pada restoran cepat saji hoka hoka bento. [Internet]. [diunduh tanggal 22 Oktober 2015]. Dapat diunduh di: http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/868
Prisgunanto I. 2014. Komunikasi Pemasaran Era Digital. Jakarta (ID) : CV. Prisani Cendekia.
Siswanto T. 2013. Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah. Jurnal Liquidity. [Internet]. [diunduh tanggal 6 Desember 2015]. 2(1): 80-86. Dapat diunduh di: http://www.liquidity.stiead.ac.id/wpcontent/uploads/2013/04/10.-Tito-Siswanto.pdf
Sumarwan U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor [ID]: Ghalia Indonesia.
Sutanti G. 2015. Efektivitas Bauran Promosi Produk Olahan Pertanian Lapis Nangka Rafita’s Cake Bogor [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya Offset Bandung
Swastha B, Sukotjo I. 1999. Pengantar Bisnis Modern Edisi Ketiga.Yogyakarta (ID): Liberty Yogyakarta.
Triyono A. 2011. Pengaruh situs jejaring sosial facebook sebagai media alternatif untuk promosi. Jurnal Dian. [Internet]. [diunduh tanggal 25 November 2015]. 11(1): 1-8. Dapat diunduh di: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/dian/article/view/6/5
Wulandari YS. 2015. Efektivitas promosi melalui twitter pada perusahaan pariwisata bahari “ibu penyu” [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Wurinanda I. 2015. Efektivitas promosi produk ayam suwir “si kentung” melalui twitter [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Published
2017-02-27