Analisis Minimarket Pajajaran Sindangkasih dengan Menggunakan Porter’s Five Forces dan Strategy Generic Porter

  • Asep Endri Mulyana STISIP Bina Putera Banjar
Keywords: Porter’s Five Forces, Strategy Generic Porter, Mart

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan Porter’s Five Force dan Strategy Generic Porter pada Minimarket Pajajaran Sindangkasih?; 2) Hambatan-hambatan apa saja yang ditemukan pada Minimarket Pajajaran Sindangkasih dalam rangka penerapan Porter’s Five Force dan Strategy Generic Porter?; dan 3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh Minimarket Pajajaran Sindangkasih untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam rangka penerapan Porter’s Five Force dan Strategy Generic Porter?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa: 1) Penerapan Porter’s Five Force dan Strategy Generic Porter pada Minimarket Pajajaran Sindangkasih; 2) Hambatan-hambatan yang ditemukan pada Minimarket Pajajaran Sindangkasih dalam rangka penerapan Porter’s Five Force dan Strategy Generic Porter; dan 3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh Minimarket Pajajaran Sindangkasih untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam rangka penerapan Porter’s Five Force dan Strategy Generic Porter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang memiliki karakteristik adanya pengukuran fakta obyektif berfokus pada variabel, memberi tekanan pada reliabilitas, bebas nilai, melakukan analisis statistik.

References

Ali, Muhammad. 2007. Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.
David, Fred. R. 2009. Manajemen Strategis Konsep. Edisi 12 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Djatmiko, Budi. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Bandung: STEMBI Bandung.
Hunger, David dan Thomas Wheleen. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Ismail, Hanif dan Darsono Prawironegoro. 2009. Sistem Pengendalian Manajemen. Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Ma’aruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Maulana, Y. S., Munawar, A. H., & Nurjanah, D. S. (2019). Analysis of Porter’s Generic Strategies in Enhancing Competitiveness in Retail Industry (A Survey on Pajajaran Sindangkasih Minimarket, Ciamis). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(3), 175–184. https://doi.org/10.31940/jbk.v15i3.1472
Nazir, Muhamad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nilasari, Irma dan Sri Wiludjeng. 2006. Pengantar Bisnis. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. 2010. Manajemen. Edisi Kesepuluh. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Saladin, Djaslim. 2004. Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan. Bandung: Linda Karya
Setiawan dan Zulkieflimansyah. 2005. Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta: LPFEUI.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Bisnis Ritel. Teori, Praktik, dan Kasus Ritel. Yogyakarta: PT. Buku Seru.
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.
Sopiah dan Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sugiarta, I Nyoman. 2011. Panduan Praktis & Strategis. Retail Consumer Goods. Jakarta: Expose (Mizan Group) Anggota IKAPI.
Suryabarata. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Utami, Christina Whidya. 2006. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Wajdi M. F. 2001. Manajemen Strategi. Edisi 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2021-02-27